Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemecahan Permasalahan Akibat Keberagaman Budaya

Pemecahan Permasalahan Akibat Keberagaman Budaya

Dalam kehidupan masyarakat dapat ditemukan adanya dua macam persoalan, yaitu: 
  1. masalah masyarakat (scientific or social problems) adalah permasalahan yang menyangkut analisis tentang macammacam gejala kehidupan masyarakat. 
  2. problema sosial (ameliorative or social problems) adalah permasalahan yang berkaitan dengan gejala-gejala abnormal masyarakat dengan maksud untuk memperbaiki atau bahkan untuk menghilangkannya.
Namun pada prinsipnya masalah sosial menyangkut nilai-nilai sosial dan moral. Kriteria utama suatu masalah sosial adalah tidak adanya kesesuaian antara ukuran-ukuran dan nilai-nilai sosial dengan kenyataan serta tindakan-tindakan sosial. 

Unsur utama dari masalah sosial adalah adanya perbedaan yang mencolok antara nilai-nilai dengan kondisi-kondisi nyata dalam kehidupan. Adapun beberapa masalah sosial yang dihadapi masyarakat pada umumnya sebagai berikut. 

1. Kemiskinan 

Kemiskinan adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok keluarga secara wajar/ layak, yang disebabkan oleh penghasilan kecil/sedikit. Misalnya: makan tidak bisa tiga kali sehari dengan gizi yang cukup dan tidak mampu membiayai sekolah anakanaknya.

2. Kejahatan 

Kejahatan merupakan perilaku melawan hukum atau norma yang berlaku untuk memperoleh keuntungan bagi diri atau kelompoknya. 

Dalam kehidupan modern ditemukan adanya gejala "white collar crime" atau "kejahatan kerah putih", suatu bentuk kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang berduit untuk melawan hukum. Misal: melakukan penyuapan, manipulasi data untuk menghindari pajak, dan korupsi. 

3. Disorganisasi keluarga 

Disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit, karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajibannya sesuai dengan peranan sosialnya. Disorganisasi keluarga dapat berupa: perceraian, hilangnya komunikasi antaranggota keluarga, hubungan di luar perkawinan, perselingkuhan, dan krisis keluarga. 

4. Masalah generasi muda dalam masyarakat modern 

Masalah generasi muda pada umumnya ditandai dengan keinginan untuk melawan dan sikap yang apatis. 

Masalah generasi muda muncul karena kurangnya penanaman nilainilai sosial oleh orang tua, munculnya organisasi-organisasi pemuda informal yang perilakunya tidak disukai para orang tua dan munculnya usaha dari generasi muda untuk mengadakan perubahan-perubahan dalam masyarakat yang disesuaikan dengan nilai-nilai kaum muda. 

5. Peperangan 

Masalah peperangan berbeda dengan masalah sosial lainnya karena menyangkut beberapa masyarakat sekaligus, sehingga memerlukan kerjasama internasional untuk penyelesaiannya. Peperangan menyebabkan disorganisasi dalam pelbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang keluar sebagai pemenang ataupun negara yang menderita kekalahan.

6. Pelanggaran terhadap normanorma masyarakat 

Bentuk pelanggaran terhadap norma masyarakat yang menimbulkan permasalahan sosial antara lain dalam bentuk: pelacuran (prostitusi), kenakalan anak (delinquency), alkoholisme, homoseksualitas, maupun bentuk perilaku menyimpang lainnya. 

7. Masalah kependudukan 

Penduduk bagi suatu negara merupakan modal dasar pembangunan, karena penduduk merupakan subjek sekaligus objek pembangunan. 

Negara bertanggung jawab terhadap pemenuhan kesejahteraan penduduk. Negara akan mengalami kendala yang besar manakala jumlah penduduk yang meningkat pesat tanpa diimbangi dengan peningkatan produksi. 

8. Masalah lingkungan hidup 

Modernisasi merupakan upaya yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi penduduk, namun dampak negatif dari modernisasi adalah terjadinya pencemaran lingkungan alam yang mengakibatkan rusaknya lingkungan. 

9. Birokrasi 

Birokrasi adalah suatu organisasi yang dimaksudkan untuk mengerahkan tenaga dengan teratur dan terus menerus demi tercapainya tujuan tertentu. 

Birokrasi merupakan organisasi yang bersifat hirarkis yang ditetapkan secara rasional untuk mengkoordinasikan pekerjaan orang-orang demi kepentingan pelaksanaan tugas-tugas administratif. Menurut pandangan Max Weber, birokrasi paling sedikit mencakup lima unsur, yaitu: 
  • organisasi; 
  • pengerahan tenaga; 
  • sifat yang teratur; 
  • bersifat terus menerus; 
  • mempunyai tujuan.
Jika dilihat pada pembagian kekuasaan maka di dalam suatu organisasi terdapat: 
  • penguasa dan mereka yang dikuasai; 
  • hirarki, yaitu urut-urutan kekuasaan secara vertikal atau bertingkat dari atas ke bawah; 
  • ada pembagian tugas horizontal, yaitu pembagian tugas antara beberapa bagian, di mana bagian-bagian tersebut mempunyai kekuasaan dan wewenang yang setingkat atau sederajat; 
  • ada suatu kelompok sosial. 
Berkaitan dengan keberagaman kebudayaan dalam kehidupan masyarakat majemuk, terdapat berbagai permasalahan, antara lain sebagai berikut. 
Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Kerukunan antarbangsa dengan budaya yang berbeda-beda sangat penting sekali. Kemukakan ide/gagasan Anda mengenai cara-cara untuk meningkatkan solidaritas antarbudaya di Indonesia. Kumpulkan ide/gagasan Anda kepada bapak/ibu guru untuk dibahas dalam diskusi kelas.

1. Etnosentrisme 

Masalah besar yang melekat pada pluralisme kebudayaan adalah konsep etnosentrisme, yaitu kepercayaan bahwa kebudayaan sendiri lebih baik daripada semua kebudayaan lain. Menurut Melvile Herkovits, setiap kebudayaan yang melembagakan etnosentrisme akhirnya mendasarkan kebijaksanaannya atas keadaan psikokultural yang tidak riil. 

Salah satu contoh bentuk etnosentrisme yang paling mengesankan dalam sejarah kehidupan manusia modern adalah Nazi Jerman. Orang Jerman di bawah Hitler menganggap dirinya sebagai ras terpilih yang ditakdirkan untuk memerintah dunia. 

Mereka ingin menanamkan kebudayaan mereka, yakni: kesenian, politik, teknologi, bahasa, dan agama mereka di negara-negara yang mereka taklukkan. 

Pada prinsipnya sikap etnosentrisme memiliki kecenderungan destruktif terhadap kebudayaan-kebudayaan lain, sehingga mengakibatkan disintegrasi dan disorganisasi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk. 

2. Anomie 

Anomie adalah suatu gejala sosial yang sangat unik sebagai akibat adanya perubahan sosial-budaya yang selalu bergantian, sementara itu sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat tidak mengalami perubahan. 

Oleh karena itu, masyarakat seolah kehilangan pedoman untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. Dalam sejarah kehidupan manusia, setiap pergantian pola kepemimpinan suatu kelompok masyarakat atau negara akan terjadi gejolak yang cenderung bersifat anarkhis. 

Keruntuhan rezim Saddam Hussein di Irak menyebabkan terjadinya kerusuhan, penjarahan, dan tindak kekerasan di seluruh penjuru Irak. Anomie terjadi sebagai dampak negatif terjadinya perubahan kebudayaan yang bersifat frontal. 

3. Cultural lag 

Proses penyebaran kebudayaan asing tidak selalu berlangsung serentak, melainkan kadang hanya sepotongsepotong, sehingga menimbulkan suatu bentuk ketimpangan kebudayaan atau cultural lag. 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan bentuk perubahan kebudayaan yang berasal dari proses difusi atau penyebaran kebudayaan yang tidak disertai dengan penyesuaian sikap mental yang selaras dengan perubahan kebudayaan, akan mengakibatkan ketertinggalan budaya atau ketimpangan budaya. 

Dalam kehidupan masyarakat luas tampak nyata bahwa modernisasi yang terwujud dalam bentuk kebudayaan materiil tidak diimbangi dengan kemajuan kebudayaan immateriil. Contoh: banyak pesawat telepon umum yang tidak berfungsi karena ulah tangan jahil. 

Salah satu contoh konkret adanya ketimpangan budaya di tengah masyarakat, di mana masyarakat mau menerima hasil teknologi maju tanpa diimbangi dengan pengetahuan yang cukup tentang perlunya perawatan terhadap benda-benda teknologi modern tersebut. 

Menurut William F. Ogburn, banyak permasalahan yang disebabkan oleh ketidakmampuan manusia menyesuaikan diri dengan problema yang terus menerus muncul dalam kebudayaan dan lembaga-lembaganya. 

Suatu ketertinggalan (lag) juga terjadi apabila laju perubahan dari dua atau lebih unsur-unsur kebudayaan yang mempunyai korelasi tidak sebanding, sehingga unsur yang satu tertinggal oleh unsur lainnya. Terutama dalam hal kebudayaan materiil dengan kebudayaan nonmateriil. 

4. Mestizo culture 

Mestizo culture, yaitu suatu proses percampuran unsur kebudayaan yang satu dengan unsur kebudayaan lain yang mempunyai simbol dan sifat berbeda. Ciri yang tampak dari perubahan ini yaitu sifat formalismenya yang hanya dapat meniru bentuknya tanpa mengetahui arti sesungguhnya. Contoh: peningkatan pola pamer kekayaan akibat dari iklan atau promosi yang ditawarkan.

Kondisi psikologis yang terkait dalam gejala mestizo culture adalah munculnya kecemasan dan ketidakpuasan seseorang terhadap apa yang telah dimilikinya. 

Kondisi semacam ini merupakan sasaran empuk bagi produsen benda-benda konsumsi yang terus menerus menawarkan produk terbarunya setiap saat. Kondisi demikian ini memudahkan munculnya disintegrasi sosial akibat adanya kesenjangan antara masyarakat kelas bawah, kelas menengah, dan kelas atas. 

5. Rejection (penolakan) 

Proses perubahan kebudayaan yang berlangsung terlalu cepat sering menimbulkan penolakan dari sejumlah besar anggota masyarakat, khususnya dari kalangan generasi tua atau kelompok konservatif yang masih sangat memegang teguh adat istiadat tradisional. 

Akulturasi dalam tingkat tertentu besar kemungkinannya akan timbul pemberontakan dan revolusi, contohnya terjadinya Revolusi Kuba dan Revolusi Merah di Cina. Penerapan program keluarga berencana di Indonesia pada awalnya mendapatkan banyak tantangan. 

Kalangan tertentu banyak menentang program keluarga berencana sebagai suatu perilaku menyimpang yang melawan kodrat. Namun dalam perkembangan lebih lanjut program keluarga berencana diterima sebagai salah satu alternatif terbaik untuk mengatasi laju kepadatan penduduk. 

 Berbagai usaha telah dilakukan manusia untuk mengatasi berbagai masalah sosial. Berbagai analisis dan metode telah diterapkan, namun permasalahan selalu ada. Metode yang dipergunakan dalam pemecahan masalah sosial ada yang bersifat preventif dan ada pula yang bersifat represif. 

Metode pemecahan masalah yang bersifat preventif lebih sulit diterapkan karena harus didasarkan pada penelitian yang mendalam terhadap sebab-sebab terjadinya masalah sosial. Adapun metode represif lebih banyak dilaksanakan, yaitu dengan cara mengambil suatu tindakan untuk mengatasi munculnya gejala permasalahan. 

Di dalam mengatasi masalah sosial tidak perlu semata-mata melihat aspek sosiologis tetapi juga aspek-aspek lainnya. Dengan demikian digunakan ilmu pengetahuan kemasyarakatan pada khususnya untuk memecahkan masalah sosial yang dihadapi. 

Berkaitan dengan masalah disorganisasi sebagai akibat adanya perubahan kebudayaan yang berlangsung secara terus menerus, salah satu usaha untuk mengatasi masalah disorganisasi adalah dengan mengadakan suatu perencanaan sosial (social planning) yang baik. 

Untuk mengadakan perencanaan sosial yang baik terlebih dahulu harus ditelaah masalah-masalah sosial yang sedang dihadapi masyarakat. Perencanaan sosial (social planning) menjadi ciri umum bagi masyarakat yang sedang mengalami perubahan atau perkembangan. 

Menurut pandangan sosiologi, suatu perencanaan sosial harus didasarkan pada pengertian tentang bagaimana kebudayaan berkembang dari taraf yang rendah ke taraf yang modern dan kompleks. 

Di samping itu harus ada pengertian terhadap hubungan manusia dengan alam sekitar, hubungan antara golongan-golongan dalam masyarakat, dan pengaruh-pengaruh penemuan baru terhadap masyarakat dan kebudayaan. 

Suatu perencanaan sosial harus didasarkan pada spekulasi atau cita-cita pada keadaan yang sempurna. Perencanaan sosial dari sudut sosiologi merupakan alat untuk mendapatkan perkembangan sosial, yaitu dengan jalan menguasai serta memanfaatkan kekuatan alam dan sosial serta menciptakan tata tertib sosial. 

Perencanaan sosial juga bertujuan untuk menghilangkan atau membatasi keterbelakangan unsur-unsur kebudayaan material atau teknologi. Suatu gejala dewasa ini adalah timbulnya masalah sosial yang disebabkan oleh keterbelakangan di bidang teknologi. 

Beberapa bentuk permasalahan yang berkaitan dengan penyalahgunaan sumber-sumber alam, demoralisasi kehidupan keluarga, angka kejahatan yang tinggi, dan sakit jiwa, merupakan akibat dari keterbelakangan di bidang teknologi. 

Hal pertama yang harus ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menyesuaikan lembagalembaga kemasyarakatan dengan kondisi-kondisi kemajuan serta perkembangan teknologi yang ada. 

Sesudah hal itu diatasi barulah mengatasi permasalahan-permasalahan yang mengganggu masyarakat. Penyesuaian terhadap kehidupan yang berkembang bergantung pada adanya suatu pengertian mengenai bekerjanya masyarakat. Menurut George A Ludenberg, ketidaksanggupan memecahkan masalah disebabkan oleh: 
  1. kurangnya pengertian terhadap sifat hakikat masyarakat dan kekuatan-kekuatan yang membentuk hubungan antarmanusia;
  2. kepercayaan bahwa masalah sosial dapat diatasi dengan adanya keinginan untuk memecahkan permasalahan tersebut tanpa mengadakan penelitian-penelitian yang mendalam dan objektif. 
Menurut Ludenberg, kesukaran yang utama terletak pada kepercayaan umum bahwa hubungan-hubungan sosial tidak tunduk pada penelitian ilmiah. Juga karena masyarakat percaya bahwa pemecahan-pemecahan masalah sosial telah diketahui dan tinggal diterapkan saja. 

Kepercayaan tersebut merupakan anggapan yang keliru, karena setiap masalah sosial harus diteliti agar diketahui faktor-faktornya supaya diketemukan cara-cara untuk mengatasinya. Perencanaan sosial bukanlah semata-mata menjadi tugas para ahli ataupun aparat negara, melainkan memerlukan dukungan masyarakat, karena masyarakat terlibat di dalamnya. 

Suatu perencanaan sosial tidak akan berarti jika individuindividu anggota masyarakat tidak belajar untuk menelaah gejalagejala sosial secara objektif, sehingga masing-masing dapat turut serta dalam perencanaan tersebut. 

Untuk melaksanakan perencanaan sosial dengan baik diperlukan organisasi yang baik, yang berarti adanya disiplin di satu pihak serta hilangnya kebebasan di pihak lain. 

Suatu konsentrasi wewenang juga diperlukan untuk merumuskan dan menjalankan perencanaan agar tidak terseret oleh perubahanperubahan tekanan atau kepentingan-kepentingan dari golongan yang sudah mapan. Perlu adanya upaya proses pelembagaan dalam diri warga masyarakat dalam hal perencanaan sosial tersebut.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pemecahan Permasalahan Akibat Keberagaman Budaya"

close