Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam - Macam Gerhana

Macam - Macam Gerhana

Pernahkah Anda menyaksikan peristiwa gerhana? Gerhana bulan atau gerhana matahari? Kapan dan di mana Anda menyaksikan gerhana tersebut? Apa yang Anda lakukan ketika menyaksikan gerhana? Adakah peristiwa aneh yang terjadi saat gerhana? 

Apa yang aneh? Cerita tentang gerhana di setiap daerah maupun negara memiliki tradisi yang berbeda- beda. Ada masyarakat yang menganggap bahwa terjadinya gerhana disebabkan oleh raksaksa besar yang menelan bulan atau matahari. 

Di masyarakat Mesir kuno, peristiwa gerhana berkaitan erat dengan kekuatan gaib. Maka diadakan upacara-upacara ritual untuk menyambut peristiwa gerhana. Demikian juga bagi masyarakat Indian kuno, jika terjadi gerhana mereka harus mempersembahkan korban bagi dewanya berupa gadis suci yang disembelih pada altar pemujaan. 

Masih banyak cerita mistik lain tentang gerhana. Tentunya cerita-cerita mistik itu dilandasi oleh kerpercayaan dari setiap daerah yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda. Bagaimana dengan cerita gerhana di daerahmu? 

Apakah Anda percaya dengan dongeng yang dianut masyarakat di lingkunganmu? Bulan adalah satelit bumi. Disamping berotasi, bulan juga berevolusi mengelilingi bumi. Bulan ber sama bumi melakukan revolusi mengelilingi matahari. 

Jadi bulan mengalami revolusi 2 macam, yaitu mengelilingi bumi dan bersama bumi mengelilingi matahari. Peristiwa gerhana sebenarnya adalah peristiwa alam yang terjadi pada saat tertentu dari hasil rotasi dan revolusi baik bulan maupun bumi. 

Bumi dan bulan merupakan benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri. Tanpa adanya cahaya matahari yang dipantulkan oleh bumi maupun bulan, maka bumi tidak akan kelihatan dari bulan demikian juga bulan tidak akan kelihatan dari bumi. 

Cahaya yang indah dari bulan hanyalah pantulan cahaya yang datang dari matahari. Bulan nampak terang karena ada cahaya dari matahari. 

Apabila dalam peredarannya, baik bumi maupun bulan berada dalam suatu garis lurus dengan matahari maka cahaya matahari akan tertutup oleh bayangan. Dengan demikian, maka akan terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan.

1. Gerhana Bulan 

Macam - Macam Gerhana
Gerhana bulan adalah gerhana yang terjadi akibat bayang-bayang bumi menutupi bulan, artinya cahaya matahari yang menuju bulan pada malam hari terhalang oleh bulatan bumi. 

Karena diameter bumi lebih besar daripada diameter bulan, seluruh bulatan bulan akan tertutup oleh bulatan bumi, sehingga ketika terjadi peristiwa gerhana bulan maka seluruh permukaan bumi yang pada saat itu sedang malam hari dapat menyaksikan gerhana bulan yang berlangsung kurang lebih 1 jam 40 menit. 

Macam-macam gerhana bulan yang biasa terjadi dapat dikelompokkan sebagai berikut. 

a. Gerhana Bulan Total 

Gerhana bulan total terjadi apabila bulan tepat berada di daerah umbra. Gerhana bulan total berawal dari gerhana bulan sebagian. Saat gerhana bulan sebagian, bulan terlihat sebagai sabit tebal yang kemudian menipis seiring dengan semakin bertambahnya bagian bulan yang masuk ke dalam umbra bumi. 

Ketika bulan sudah hampir masuk selururuhnya, warna bulan akan menjadi merah. Warna ini berasal dari cahaya matahari yang masih diteruskan oleh bumi. 

b. Gerhana Bulan Sebagian 

Gerhana ini terjadi karena sebagian bayangan bulan berada di bagian umbra bumi, sedangkan bagian yang lain berada di bagian penumbranya. Pada saat gerhana bulan sebagian, bulan akan memerah dan gelap, sedangkan sebagian lagi tampak normal. 

c. Gerhana Bulan Penumbra 

Gerhana ini terjadi apabila seluruh bayangan bulan berada di dalam bagian penumbra bumi. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram. Kejadian ini sulit untuk dibedakan dengan keadaan normal, harus diukur dengan alat khusus. 

2. Gerhana Matahari 

Macam - Macam Gerhana
Gerhana matahari adalah gerhana yang terjadi akibat bayang-bayang bulan mengenai bumi, artinya cahaya matahari yang menuju bumi pada siang hari terhalang oleh bulatan bulan. 

Oleh karena diameter bulan tidak lebih besar daripada diameter bumi maka gerhana matahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan bumi saja dan hanya berlangsung kurang lebih 7 menit. Jenis-jenis gerhana matahari yang biasa terjadi adalah sebagai berikut : 

a. Gerhana Matahari Total 

Gerhana matahari total terjadi apabila bulan menutupi sinar matahari secara menyeluruh. Pada saat ini, posisi bumi, bulan dan matahari berada dalam iasgaris lurus. 

Kejadian ini memang jarang sekali terjadi, kemungkinan seseorang hanya ias menyaksikan sekali dalam seumur hidupnya. Gerhana matahari total sangat berbahaya jika dilihat dengan mata telanjang, karena akan merusak bola mata. 

b. Gerhana Matahari Sebagian 

Gerhana ini akan terjadi apabila cahaya matahari yang menuju ke bumi ditutupi oleh bayangan penumbra bulan. Saat gerhana ini berlangsung, akan tampak sebagian cakram matahari akan ditutupi oleh sebagian cakram bulan. 

c. Gerhana Matahari Cincin 

Gerhana jenis ini terjadi apabila bulatan bulan menutupi bagian dalam bulatan matahari, dikarenakan posisi bulan terletak paling jauh dengan matahari. Artinya bulatan bulan saat ini lebih kecil dari bulatan matahari. Disebut gerhana cincin karena cahaya matahari yang tidak tertutupi akan berada di pinggir dan membentuk seperti cincin. 

d. Gerhana Matahari Hibrida 

Gerhana hibrida berasal dari gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian. Di sebagian wilayah di bumi, akan tampak gerhana ini muncul sebagai gerhan amatahari total, sedangkan di wilayah lain akan tampak sebagai gerhana matahri sebagian.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Macam - Macam Gerhana"

close