Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Perairan Laut bagi Manusia

Manfaat Perairan Laut bagi Manusia

Laut memiliki kekayaan alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lautan memiliki hubungan yang saling memengaruhi antara daratan, atmosfer, dan air. Hubungan itulah yang berpengaruh terhadap iklim di dunia ini. Selain itu, manfaat laut bagi kehidupan manusia sebagai berikut :

a. Transportasi dan Pengangkutan 

Laut merupakan jalur transportasi yang menghubungkan pulaupulau dan benua-benua. Pengangkutan hasil pertanian, industri, kehutanan, dan pertambangan termasuk migrasi penduduk banyak mengandalkan transportasi laut yang biayanya lebih murah. 

b. Perikanan, Pertanian, dan Pariwisata 

Beberapa usaha yang dapat dilakukan di bidang perikanan dan pertanian laut sebagai berikut. 
  1. Sumber mata pencaharian, dengan mengambil kekayaan alam yang ada di dalamnya seperti ikan, udang, kepiting, cumicumi, dan teripang. 
  2. Budi daya perikanan tambak (udang dan bandeng) dan pembuatan garam di daerah pantai. 
  3. Budi daya mutiara dan pertanian rumput laut. 
  4. Usaha pertanian padi dan tanaman bakau di daerah pasang surut.
  5. Keindahan panorama pantai dan dasar laut dengan berbagai macam ikan hias dan terumbu karang dapat dijadikan objek pariwisata. 

c. Sarana Pertahanan dan Keamanan Negara 

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki wilayah laut lebih luas dari daratan. Hal ini menyebabkan laut merupakan wilayah yang penting dalam pertahanan dan keamanan negara. 

Agar pertahanan lautnya kuat, harus didukung dengan peralatan canggih, armada yang kuat, dan sumber daya manusia yang andal. Nah, sekarang kamu sudah mengerti apa saja yang dipelajari pada bab hidrosfer ini. 

Dengan begitu, kamu harus bisa menjaga daerah aliran sungai, sehingga bisa terhindar dari kerusakan yang terjadi, seperti banjir ataupun pencemaran air. Selain itu, potensi yang ada di laut juga harus dijaga kelestariannya agar dapat dimanfaatkan sampai anak cucu kita. 

Mudah-mudahan, kelak kamu bisa menjadi ahli hidrologi yang peka terhadap kelestarian alam ini.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Manfaat Perairan Laut bagi Manusia"

close