Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY)

NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY)

Bahwa setiap individu berpendapat bahwa nilai uang saat ini lebih berharga daripada nanti. Time value of money (bunga) adalah sejumlah uang yang dibayarkan sebagai kompensasi terhadap apa yang dapat diperoleh dengan penggunaan uang tersebut disebut dengan bunga. 

Sejumlah uang yang akan diterima dari hasil investasi pada akhir tahun, kalau kita memperhatikan nilai waktu uang, maka nilainya akan lebih rendah pada akhir tahun depan. 

Jika kita tidak memperhatikan nilai waktu dari uang, maka uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan adalah sama nilainya yang kita miliki sekarang. 

Sebagai contoh yang sekarang Rp 30.000,- nilainya akan sama dengan Rp30.000 mka pada akhir tahun kalau kita tidak memperhatikan nilai waktu uang, maka nilai uang sekarang adalah lebih tinggi dari pada uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan. 

Contoh kedua, uang sekarang Rp 30.000,- nilainya lebih tinggi daripada Rp.30.000 pada akhir tahun depan dikarenakan apabila kita memiliki uang Rp 30.000 sekarang dapat disimpan di Bank dengan mendapatkan bunga misal 10 % /tahun,sehingga uang tersebut akan menjadi Rp 33.000. Jadi uang sekarang Rp 30.000 nilainya sama dengan Rp 33.000 pada akhir tahun. 

B. Perhitungan Bunga Uang 

1. Nilai Uang Masa Depan (Future Value) / Bunga Majemuk 

Perhitungan secara Future Value adalah perhitungan uang yang dimiliki saat ini dan diinvestasikan dengan penetapan bunga sehingga mengalami proses bunga berbunga (compounding) sehingga nilai akan berubah pada masa yang akan datang. 

Nilai Majemuk (coumpaund value / ending amount) dari sejumlah uang merupakan penjumlahan dari uang pada permulaan periode. (Modal Pokok + Bunga pada periode tersebut). Atau menghitung jumlah akhir pada akhir periode dari sejumlah uang yang dimiliki sekarang. 

2. Nilai Sekarang (Present Value) 

Present value (nilai sekarang) merupakan kebalikan dari compound value/nilai majemuk/ future value adalah besarnya jumlah uang, pada permulaan periode atas dasar tingkat bunga tertentu dari sejumlah uang yang baru akan diterima beberapa waktu/periode yang akan datang. 

Jadi present value menghitung nilai uang pada waktu sekarang bagi sejumlah uang yang baru akan kita miliki beberapa waktu kemudian. Rumus untuk menhitung present value adalah : 

NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY)

3. Amortitasi 

Perhitungan secara amortisasi umumnya ditempatkanpada perhitungan pinjaman, yaitu diamana perhitungan pinjaman untuk dibayar kembali dalam jumlah yang sama dan dilakukan secara periodik dari waktu ke waktu. 

Pembayaran tersebut meliputi angsuran pokok pinjaman dan pembayaran bunga yang dapat diperhitungkan secara bulanan, semesteran maupun satu tahun sekali. 

Karena pembayaran pinjaman dilakukan dengan jumlah yang sama, maka konsep nilai sekarang anuitas sangat cocok untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Untuk memberikan gambaran, misalkan saudara meminjam Rp. 22.000.000,00 di bank dengan bunga 12% per tahun. 

Pinjaman tersebut harus dilunasi dalam jangka waktu enam tahun dengan pembayaran yang sama setiap tahun. Dengam demikian besarnya angsuran pinjaman setiap tahun dapat dengan mudah dicari: 
NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY)
Sekali lagi dapat disimpulkan bahwa ide dasar dari konsep nilai waktu uang adalah bahwa uang yang akan diterima di masa datang memiliki nilai yang lebih rendah dibanding dengan penerimaan yang sama saat ini. 

Konsep ini menjadi sangat penting dalam pengambilan keputusan keuangan karena adanya perbedaan dimensi waktu aliran kas. Perusahaan melakukan investasi saat ini dengan harapan untuk memperoleh aliran kas di masa mendatang. Perbedaan nilai terjadi karena perbedaan waktu penerimaan. 

C. Hubungan Nilai Waktu dari Uang dan Kebijaksanaan Investasi 

Kebijaksanaan investasi akan terkait masa yang akan datang, tetapi dalam penilaian menguntungkan tidaknya akan dilaksanakan pada saat sekarang. 

Dengan demikian terutama penerimaan bersih dari pelaksanaan investasi yang akan diterima pada waktu yang akan datang harus dinilai sekarang, apakah penerimaan sekali atau berangsur-angsur dengan menggunakan perhitungan-perhitungan di atas tadi Penerimaan pada waktu yang akan datang pada dasarnya adalah net cash flow dari pelaksanaan investasi yang akan terdiri dari: 
  • Biaya proyek/investasi awal (initial outlays). 
  • Cash flow dan cash outflow selama proyek investasi berjalan. 
  • Nilai residu dari proyek investasi yang bersangkutan. 
  • Cash flow dan cash out flow lain-lain di luar proses pelaksanaan proyek investasi tersebut.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY)"

close