Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Rasio Solvabilitas

Pengertian Rasio Solvabilitas

Rasio Solvabilitas adalah kemampuan dari suatu perusahaan untuk memenuhi segala kewajiban finansialnya pada saat perusahaan dilikuidasi (dibubarkan) atau kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi segala kewajibannya baik kewajiban jangka pendek atau kewajiban jangka panjang.

Para kreditor jangka panjang atau pemegang saham walaupun berminat terhadap posisi keuangan jangka pendek tetapi mereka lebih berminat dengan kondisi jangka panjang karena kondisi yang baik dalam jangka pendek tidak menjamin adanya kondisi yang baik pula untuk jangka panjang karena itu perlu diadakan analisa ratio solvabilitas.

Dalam hubungan anatar likuiditas dengan solvabilitas ada empat kemungkinan yang dialami oleh perusahaan yaitu perusahaan yang likuid tetapi insolvable, perusahaan yang likuid dan solvable, perusahaan yang solvable tetapi illikuid, perusahaan yang insolvable dan illikuid. 

Rasio Aktivitas (Activity Ratio) Rasio aktivitas menunjukkan tingkat efektivitas penggunaan aktiva atau kekayaan perusahaan kepada Anda. Rasio yang digunakan adalah: 

a. Rasio hutang terhadap Aktiva (Debt to Asset Ratio atau Debt Ratio) 

untuk mengukur seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh hutang atau seberapa besar hutang perusahaan berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva. Semakin rendah rasio ini semakin baik. Rata- rat ratio ini adalah 35%. Rumus adalah sebagai berikut:

Pengertian Rasio Solvabilitas

b. Rasio Hutang dengan Modal (Debt to Equity Ratio) 

adalah rasio yang mengukur perbandingan antara total hutang dengan modal sendiri. Rasio ini berguna untuk mengetahui seberapa besar aktiva perusaaan di biayai oleh hutang. Semakin besar rasio ini akan semakin baik. Rata-rata industri dalam rasio ini adalah sebesar 80%. Rumus yang digunakan adalah : 

Pengertian Rasio Solvabilitas

c. Rasio Hutang Jangka Panjang dengan modal (Long Term Debt to Equity Ratio) 

digunakan untuk mengukur perbandingan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri. Tujuannya adalah untuk mengukur berapa bagian dari setiap rupiah modal sendiri yang dijadikan jaminan hutang jangka panjang. Rumus yang digunakan untuk mencari rasio ini adalah : 

Pengertian Rasio Solvabilitas

d. Jumlah Kali perolehan (Times Interest Earned) 

adalah rasio yang dipakai untuk mencari jumlah kali perolehan bunga. Rasio ini diartikan juga kemampuan perusahaan untuk membayar biaya bunga. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut : 

Pengertian Rasio Solvabilitas

e. Lingkup Biaya Tetap (fixed charge coverage) 

adalah rasio yang mempunyai times interest earned ratio. Dengan perbedaan rasio ini dilakukan apabila perusahaan memperoleh utang jangka panjang atau menyewa aktiva berdasarkan kontrak sewa (last contract). Biaya tetap merupakan biaya bunga ditambah kewajiban sewa tahunan atau jangka panjang. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut : 

Pengertian Rasio Solvabilitas
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Rasio Solvabilitas"

close