Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perekonomian Indonesia

Sejarah Perekonomian Indonesia

Sejarah perkembangan perekonomian Indonesia adalah catatan penting untuk dapat melihat perkembangan perekonomian Indonesia dalam perkembangannya dari masa ke masa dimana perkembangan perekonomian Indonesia mengalami berbagai dinamika seiring dengan berjalannya waktu, dan hal ini sangat relevan untuk dapat dibahas dan dipaparkan untuk dapat mengetahui bukti dan realita perkembangan perekonomian Indonesia. 

Melihat dinamika yang terjadi dalam perjalanan perekonomian Indonesia, maka hal yang menjadi pendekatan yang paling layak dalam bahasan ini adalah pendekatan historis, karena pendekatan ini dianggap sebagai pendekatan yang sejalan dengan perjalanan dan track record bangsa Indonesia.

Dengan demikian, aspek sejarah perjalanan bangsa Indonesia sedikit banyaknya akan memengaruhi dan dapat menjadi acuan bagi derap langkah perjalanan perekonomian Indonesia. 

Sistem ekonomi dalam wikipedia sistem ekonomi adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk membentuk dan mengatur serta mengalokasikan sumber daya, layanan barang yang dimilikinya baik itu kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. 

Menurut M Hatta sistem ekonomi adalah sistem yang dapat mengatur perekonomian yang agar bisa diterapkan di dalam negara Indonesia dan harus atas dasar asas kekeluargaan (Rahardjo, 2009) sedangkan menurut. 

Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur dan menjalin hubungan antara manusia dan ekonomi dengan seperangkat kelembagaan dalam susunan dan tatanan kehidupan. 

Suatu sistem ekonomi akan terdiri dari unsur-unsur manusia sebagai objek dan seperangkat kelembagaan yang mengatur dan menjalinnya dalam kegiatan berekonomi. 

Perangkat yang dimaksud adalah lembagalembaga ekonomi baik formal maupun non formal sedangkan cara kerja mekanisme hubungan antara hukum dan peraturan-peraturan perekonomian serta norma dan kaidah lainnya baik itu tertulis maupun tidak tertulis yang dipilih dan bisa diterima oleh masyarakat di tempat dimana tatanan kehidupan ekonomi berlangsung (DUMAIRY, 1996).

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator keberhasilan pemerintahan dalam menjalankan dan mengelola suatu negara. Walaupun ada berbagai faktor baik itu faktor dalam negeri maupun faktor global yang dapat menjadi faktor penentu. 

Menurut Prof Simon Kuznets (Kuznets, 1967) pertumbuhan ekonomi adalah kemampuan suatu negara untuk menyediakan barang-barang ekonomi dalam berbagai jenis secara jangka panjang. 

Perkembangan ini akan tumbuh seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi dan adanya penyesuaian kelembagaan serta ideologi. 

Perekonomian tidak selalu berkembang dengan semestinya tidak selalu berjalan maju dengan teratur sebab terkadang perekonomian mengalami masa naik dan turun. 

Pada waktu tertentu adakalanya perekonomian mengalami perlambatan dalam perkembangannya. Tentu dalam hal ini akan menjadi masalah merosotnya kemajuan ekonomi, yang pada akhirnya terjadi ketidakstabilan ekonomi. 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ketidakstabilan ekonomi di antaranya (Abdul Rahman Suleman, 2020): 

  1. Masalah pertumbuhan ekonomi 
  2. Ketidakstabilan kegiatan ekonomi 
  3. Masalah pengangguran dan inflasi 
  4. Masalah neraca perdagangan dan pembayaran

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Sejarah Perekonomian Indonesia"

close