Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indikator Kualitas Kependudukan

Indikator Kualitas Kependudukan

Kualitas kependudukan atau sumber daya manusia merupakan faktor yang menunjukkan tingkat kesejahteraan penduduk pada suatu negara. Indikator kualitas SDM dapat dilihat pada aspek kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan penduduk. 

Di Indonesia, kualitas penduduk diistilahkan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kebijaksanaan peningkatan kualitas hidup sumber daya manusia antara lain: 

  1. pada aspek pembangunan kesehatan dilakukan melalui penyebaran budaya hidup sehat dan perluasan jangkauan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama bagi penduduk di daerah terpencil, 
  2. pembangunan pendidikan lebih memperhatikan ke arah pembangunan ekonomi pada masa mendatang, dan 
  3. peningkatan kualitas bagi penduduk miskin dicapai dengan memberikan keterampilan praktis, mendorong sikap kerja yang produktif, dan mendorong semangat kemandirian. 

Menurut UU Republik Indonesia No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, kualitas penduduk adalah kondisi penduduk dalam aspek fisik dan non fisik yang meliputi derajat kesehatan, pendidikan, pekerjaan, produktivitas, tingkat sosial, ketahanan, kemandirian, kecerdasan, sebagai ukuran dasar untuk mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang bertakwa, berbudaya, berkepribadian, berkebangsaan dan hidup layak. 

Berdasarkan definisi tersebut, tampak bahwa kesehatan dan pendidikan merupakan aspek penting dalam penentu kualitas penduduk. 

1. Kesehatan 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan adalah suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan. 

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009, kesehatan adalah kondisi sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Angka kesehatan manusia menjadi salah satu tolak ukur kualitas kependudukan. 

Kualitas kesehatan bisa dilihat dari angka harapan hidupnya. Kesehatan merupakan prasyarat bagi peningkatan produktivitas yang merupakan hal yang penting bagi pembangunan negara. 

Angka Harapan Hidup (AHH) adalah jumlah rata-rata perkiraan tahun yang dapat ditempuh seseorang selama hidupnya. 

AHH diartikan sebagai usia yang mungkin dicapai seseorang yang lahir pada tahun tertentu yang mana digunakan sebagai indikator pengukuran kesehatan penduduk di suatu daerah. Angka tersebut dapat dihitung dengan menggunakan pendekatan tidak langsung (indirect estimation). 

2. Pendidikan 

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang menjadi standar bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan berguna sebagai langkah utama untuk meningkatkan produktivitas dan memasuki dunia. 

Melalui pendidikan, manusia akan menyadari bahwa dirinya merupakan makhluk yang memiliki kelebihan dibandingkan makhluk lainnya. Pendidikan memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan suatu negara dan dapat menggambarkan karakter bangsa (nation character building). 

Pendidikan merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga Negara Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan negara secara nasional. Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pada sumber daya manusia. 

Peningkatan kualitas manajemen pendidikan dilakukan melalui upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan. Upaya pengembangan sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai kualitas sumber daya manusia yang baik. 

Terdapat beberapa upaya yang ditujukan untuk pengembangan sumber daya manusia, antara lain dengan adanya pendidikan formal yang diselenggarakan pada tingkat dasar, menengah, dan tinggi. Manfaat pendidikan bagi pembangunan ekonomi suatu negara, yaitu sebagai berikut: 

  • menciptakan tenaga kerja yang lebih produktif karena bertambahnya pengetahuan dan keahlian,
  • tersedianya kesempatan kerja yang lebih luas, 
  • membentuk kelompok pemimpin yang terdidik untuk menduduki posisi penting dalam bisnis dan pemerintahan, dan 
  • tersedianya berbagai macam program pendidikan dan pelatihan, sehingga dapat meningkatkan keahlian dan menurunkan angka buta huruf.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Indikator Kualitas Kependudukan"

close