Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penduduk

Pengertian Penduduk

Penduduk adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertempat tinggal di suatu daerah selama enam bulan atau lebih, atau kurang dari enam bulan dan bertujuan untuk menetap. 

Kependudukan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kondisi keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan di suatu wilayah. Penduduk juga sangat memengaruhi pertumbuhan dan perubahan lingkungan yang tercepat di dunia. 

Pertumbuhan penduduk akan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi lingkungan seperti yang dialami oleh setiap negara. Dinamika kependudukan sangat penting untuk dipertimbangkan dalam perencanaan pembangunan di masa yang akan datang. 

Data kependudukan perlu diperhatikan untuk proyeksi dari perencanaan pertumbuhan penduduk. Perkembangan jumlah penduduk antara negara berkembang dan negara maju menimbulkan dampak yang berbeda pada faktor kemiskinan, ekonomi, kesehatan, jasa sosial, dan lingkungan. 

Hambatan dalam proses pembangunan di negara berkembang adalah tingkat fertilitas, tingkat morbiditas, dan mortalitas yang sangat tinggi, tetapi harapan hidup yang rendah. 

Berbeda dengan negara maju dan berpenghasilan menengah yang bercirikan memiliki tingkat fertilitas rendah, jumlah populasi cenderung tetap stabil atau bahkan menurun. Negara-negara tersebut akan mengalami penyusutan populasi usia kerja dan penuaan populasi yang cepat. 

Dinamika penduduk dapat dilihat dari besarnya pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk merupakan keseimbangan dinamis antara faktor yang menambah jumlah penduduk dan faktor yang mengurangi jumlah penduduk. 

Perubahan dinamika penduduk dikelompokkan menjadi faktor alami berupa kelahiran (natalitas) dan kematian (mortalitas), Sementara itu, faktor non alami berupa perpindahan penduduk (migrasi). 

Dinamika penduduk adalah kondisi disaat struktur penduduk, jumlah dan persebarannya mengalami perubahan akibat terjadinya proses demografi yaitu kelahiran, kematian, dan perpindahan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Penduduk"

close