Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan Penduduk Dunia

Dinamika populasi merupakan bagian dari ekologi yang berhubungan dengan variasi waktu dan ruang dari ukuran dan kepadatan populasi untuk satu atau lebih spesies (Begon, 1990). Data tentang kependudukan merupakan bidang yang bersifat dinamis atau dapat berubah. 

Jumlah kelahiran populasi penduduk dunia dalam beberapa tahun terakhir pun mengalami perubahan yang signifikan. Namun, populasi global masih tumbuh lebih dari 80 juta per tahun, dan kemungkinan akan terus bertambah (Population Matters, 2021). 

Setiap dua tahun, PBB membuat proyeksi pertumbuhan penduduk di masa depan. Proyeksi median terbarunya adalah perkiraan populasi 9,7 miliar pada tahun 2050 dan 10,9 miliar pada tahun 2100. Karena banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk, PBB membuat berbagai proyeksi tergantung pada asumsi yang berbeda. 

Pertumbuhan Penduduk Dunia

Dalam kisaran kepastian 95%, perbedaan populasi pada tahun 2100 dari proyeksi tertinggi ke terendah hampir 4 miliar orang sampai lebih dari setengah populasi yang ada saat ini. Sejak Perang Dunia Kedua, populasi global menjadi bertambah satu miliar jiwa setiap 12 sampai 15 tahun. 

Populasi saat ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 1970. Pertumbuhan penduduk yang cepat menjadi hambatan utama untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Dengan banyaknya jumlah populasi manusia menyebabkan kesulitan untuk mengatasi masalah-masalah sosial. 

Contoh hambatan tersebut seperti kelaparan, kemiskinan, kesetaraan gender, kesehatan, dan pendidikan. Kemiskinan merupakan pendorong dan prediktor pertumbuhan penduduk yang signifikan. Total populasi di negara-negara tertinggal yang ditunjuk oleh PBB diproyeksikan meningkat dari lebih dari 1 miliar pada tahun 2020 menjadi 1,76 miliar pada tahun 2050. 

Lebih dari setengah populasi dunia selama sisa abad ini akan berada di Afrika sub-Sahara. Meskipun menurun, tingkat kesuburan (rata-rata jumlah anak per wanita) tetap tinggi di sebagian besar negara Afrika. 

Karena tingkat kesuburannya yang tinggi, Afrika sub-Sahara memiliki populasi yang sangat muda 60% dari populasi berusia kurang dari 25 tahun. Itu berarti bahwa banyak orang memasuki tahun-tahun subur mereka. 

Berkat perbaikan akses ke perawatan kesehatan, harapan hidup meningkat dan kematian anak menurun, yang berarti sekarang ada lebih banyak generasi yang hidup pada saat yang sama.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pertumbuhan Penduduk Dunia"

close