Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sensus Penduduk

Pengertian Sensus Penduduk

Sensus penduduk adalah keseluruhan proses perencanaan, pengolahan, dan publikasi data kependudukan, ekonomi, dan sosial secara menyeluruh dalam suatu negara pada jangka waktu tertentu 

Jumlah penduduk di Indonesia selalu berubah dari waktu ke waktu karena pertumbuhan penduduk di wilayah tersebut. Hasil sensus berguna untuk mengetahui pertumbuhan penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu. 

Secara khusus, tujuan sensus penduduk Indonesia adalah untuk menyediakan data tentang jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia (Data BPS, 2021). 

Hasil sensus penduduk digunakan untuk merumuskan, melaksanakan, dan memantau kebijakan dan program pengembangan sosial ekonomi dan kelestarian lingkungan. Pengukuran digunakan untuk Sustainable Development Goals. 

Pencatatan data kependudukan digunakan sebagai parameter demografi dan proyeksi penduduk. Secara lebih terperinci, keterangan-keterangan yang dikumpulkan tergantung pada kebutuhan dan kepentingan negara, keadaan keuangan dan kemampuan teknis pelaksanaanya, serta kesepakatan internasional yang bertujuan untuk memudahkan dalam membandingkan hasil sensus antara negara yang satu dengan negara lainnya. Sensus penduduk dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu sensus penduduk de facto dan de jure. 

  1. Sensus de facto adalah proses pencacahan penduduk yang dihasilkan terhadap semua orang yang ditemui oleh petugas ketika dilaksanakan sensus. (Kamus Geografi) 
  2. Sensus de jure adalah proses pencacahan penduduk yang dilaksanakan terhadap semua orang yang benar-benar tercatat dan bertempat tinggal di suatu wilayah, umumnya sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). (Kamus Geografi). 

Metode pengisian sensus penduduk dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu metode canvasser dan metode householder. 

  1. Metode canvasser adalah pelaksanaan sensus dimana petugas mendatangi tempat tinggal penduduk dan mengisi daftar pertanyaan. Keunggulan metode ini yaitu data yang diperoleh lebih terjamin kelengkapannya dan penduduk sulit untuk memalsukan data. Kekurangan metode ini ialah waktu yang digunakan cukup lama karena terbatas wilayah yang luas. (Budjianto, 2012) 
  2. Metode householder adalah pelaksanaan sensus dengan pengisian daftar pertanyaan dilakukan oleh penduduk sendiri. Kelebihan metode ini adalah waktu yang diperlukan lebih cepat karena petugas tidak harus mendata satu per satu penduduk. Kekurangan metode ini ialah data yang diperoleh kurang terjamin kebenarannya. (Budjianto, 2012).

Sensus penduduk merupakan amanat dari Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. 

Telah disepakati bersama antara Indonesia dan beberapa negara lain bahwa pelaksanaan sensus penduduk dilakukan setiap 10 tahun sekali (decennial census) yaitu pada tahun-tahun yang berakhiran dengan angka nol. 

Sensus di Indonesia pernah dilakukan pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, 2010, dan 2020. Pada sensus penduduk yang pertama sampai keenam menggunakan metode tradisional. 

Untuk yang pertama kalinya sensus penduduk pada tahun 2020 menggunakan metode kombinasi, yaitu menggunakan data administrasi kependudukan yang berasal dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri sebagai data dasar untuk pelaksanaan sensus 2020 (Data BPS, 2021).

Pengertian Sensus Penduduk

Data sensus penduduk yang pernah dilakukan Indonesia adalah sebagai berikut:

  • jumlah penduduk pada sensus pertama tahun 1961 adalah 97,2 juta jiwa, 
  • jumlah penduduk pada sensus kedua tahun 1971 adalah 119,21 juta jiwa,
  • jumlah penduduk pada sensus ketiga tahun 1980 adalah 147,49 juta jiwa, 
  • jumlah penduduk pada sensus keempat tahun 1990 adalah 179,38 juta jiwa,
  • jumlah penduduk pada sensus kelima tahun 2000 adalah 206,26 juta jiwa, 
  • jumlah penduduk pada sensus keenam tahun 2010 adalah 237,63 juta jiwa, dan
  • jumlah penduduk pada sensus ketujuh tahun 2020 adalah 270,20 juta jiwa. (Data BPS, 2021) 

Dari hasil sensus penduduk tersebut menunjukkan bahwa jumlah penduduk di Indonesia terus meningkat. Indonesia merupakan negara yang sangat padat penduduknya. Indonesia juga terdiri dari ribuan pulau, beragam budaya, ratusan suku, dan ratusan bahasa daerah. Hal ini juga menjadi keunggulan Indonesia dalam segi jumlah kependudukannya.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Sensus Penduduk"

close