Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - jenis Etnografi

Jenis - jenis Etnografi

Setelah kalian membaca pembahasan sebelumnya mengenai sejarah perkembangan etnografi, tentunya kalian bertanya-tanya, apa saja jenisjenis dari etnografi? Secara umum jenis etnografi ada dua yaitu etnografi awam dan etnografi akademik. 

a. Etnografi Awam 

Etnografi awam merupakan cara kerja etnografi yang digunakan oleh masyarakat awam dan tidak bersifat akademis atau ilmiah. Etnografi awam pada dasarnya mendekati ciri catatan perjalanan yang dapat dijadikan sebagai “bahan mentah” oleh para antropolog dalam karya etnografis. 

Etnografi awam, pada paparannya juga secara mendetail menyajikan gambaran tentang suatu masyarakat, tetapi tidak diikuti oleh analisis berbasis perspektif antropologis. Judul dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian pembaca. 

Jenis etnografi model ini tidak mengenal kerangka teori. Uraian dibuat dengan tidak runtut. Penulis tidak melakukan refleksi dalam tulisannya (Ahimsa Putra, 1997). Salah satu contohnya adalah etnografi para jurnalis yang sedang melakukan ekspedisi. 

Misalnya ekspedisi yang dilakukan oleh Kompas seperti ekspedisi jalur rempah, ekspedisi kuliner nusantara, dan ekspedisi cincin api.

b. Etnografi Akademis 

Seperti nama yang disandangnya, etnografi akademis bersifat ilmiah dan sistematis. Etnografi ini bersifat ilmiah karena terdapat kerangka teori dan ada upaya untuk mengaitkan fenomena yang diteliti dengan konteks yang lebih luas (Ahimsa Putra, 1997). 

Etnografi ini juga bersifat sistematis karena kerangka kerja penelitian disusun berdasarkan metodologi yang dipelajari di universitas. Contoh karya etnografi akadamis ini antara lain Tradisi Pesantren (Dhofier, 1984), Minawang (Ahimsa-Putra, 1988), dan Carok (Wiyata, 2002). 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Jenis - jenis Etnografi"

close