Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bumi Planet Kehidupan

Bumi Planet Kehidupan

Percayakah Anda bahwa pada jaman purba ada kehidupan hewan-hewan raksasa seperti dinosaurus? Jika kita percaya, mengapa hewan purba itu menjadi punah? Ataukah masih ada sisa-sisa kehidupan purba yang dapat kita saksikan? 

Jika masih ada, dimana? Jika saat ini kita menyaksikan kehidupan di bumi ini penuh dengan aneka ragam jenis fl ora dan fauna, ini merupakan bentuk makroevolusi yang berlangsung jutaan bahkan milyaran tahun. 

Pada awalnya bumi hanya sebatas planet yang kosong, dengan suhu yang sangat tinggi, sehingga tidak memungkinkan adanya kehidupan. 

Dengan proses pendinginan yang terus menerus, lama kelamaan bumi menjadi dingin dan memungkinkan untuk kehidupan bagi makhluk-makhluk yang menempati bumi ini.Tentunya tidak mudah untuk menjadi sebuah planet yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal bagi kehidupan. 

Coba Anda bayangkan, apa saja kira-kira yang dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Pasti Anda akan menjawab; harus ada makanan dan zat-zat lain yang mendukung kehidupan. Coba Anda tanam dua batang bunga dalam pot yang berbeda. 

Pot yang satu disiram air, pot yang lainnya jangan diberi air. Lihatlah hasilnya, apakah kedua bunga tersebut pertumbuhannya sama?

Apakah yang tidak disiram air tetap hidup? Demikian juga di bumi, ketika sebuah planet bumi ada kehidupan, tentu di bumi memiliki kriteriakriteria tertentu yang mendukung adanya kehidupan. Untuk ada kehidupan di suatu planet dibutuhkan beberapa syarat, diantaranya; 

  1. Harus ada atmosfer, udara merupakan sumber pernafasan. Sehingga jika pada planet tidak terdapat atmosfer, maka makhluk hidupnya tidak dapat bernafas. Tebal dan jumlah atmosfer harus sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup. Disamping sebagai kebutuhan bernafas, atmosfer ini juga berfungsi untuk melindungi kehidupan dari hantaman benda angkasa lain. 
  2. Harus ada air. Air merupakan sumber kehidupan. Jika pada sebuah planet tidak ada air, maka dapat dipastikan di situ tidak ada kehidupan. Air tidak sekedar sebagai pemasok makanan, tetapi juga sebagai penyeimbang ekosistem. 
  3. Suhu udara yang sesuai untuk kehidupan. Jika suhu terlalu panas, makhluk hidup akan keke ringan bahkan terbakar, sedangkan jika terlalu dingin akan membeku. 
  4. Ada sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber kehidupan yang digunakan untuk proses metabolisme makhluk hidup. 
  5. Memiliki medan magnet. Medan magnet ini berfungsi untuk melindungi kita dari radiasi dan angin matahari yang sangat berbahaya bagi mahluk hidup. 

Dari persyaratan tersebut, ternyata planet bumi memiliki semuanya. Oleh sebab itu, planet bumi merupakan benda angkasa yang terdapat kehidupan. Jika demikian, bagamana dengan planet yang lain? Apakah ada kehidupan lain selain di bumi? 

Jika ada, di mana tempatnya? Lembaga antariksa Amerika Serikat NASA, melakukan riset ruang angkasa melalui teleskop ruang angkasa “Kepler” yang diluncurkan sejak 2009, untuk mencari planet lain yang dimungkinkan berpenghuni di luar tata surya kita. 

Teleskop Kepler telah menemukan 1284 exoplanet potensial, yaitu planet di luar sistem tata surya kita. Hampir separuhnya, adalah planet bebatuan dengan kondisi mirip Bumi. Penelitian hasil temuan Kepler terus diperdalam, dengan harapan dapat menemukan jawaban ada bumi ke dua di luar tata surya yang juga memiliki kehidupan. 

Setelah diteliti secara mendalam, NASA menyebutkan ada 550 Exoplanet yang besarnya seukuran bumi yang berhasil dilacak teleskop ruang angkasa Kepler, tetapi hanya tercatat 21 exoplanet yang memiliki jarak orbiter yang ideal terhadap mataharinya, hingga memungkinkan air tetap berbentuk cair.

Inilah yang disebut planet berada di zona kehidupan. Zona ini memungkinan munculnya kehidupan. Jika demikian, apakah kita yakin, bahwa ada kehidupan di tempat lain? Pernahkan Anda mendengar cerita tentang makhluk luar angkasa? Ada yang menyebut Alien, ada yang memberi nama ET. 

Dalam cerita-cerita tentang makhluk luar angkasa, mereka memiliki pesawat piring terbang yang sangat hebat dan canggih. 

Benarkah mereka itu ada? Berbagai penelitian telah dilakukan oleh astronom di dunia. Tetapi hasil yang menyatakan bahwa ada planet lain selain bumi yang memiliki kehidupan, sampai saat ini belum ditemukan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Bumi Planet Kehidupan"

close