Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Lapisan Bumi

Struktur Lapisan Bumi

Setelah planet bumi ini terbentuk dari massa gas, lambat laun mengalami proses pendinginan. Akibatnya bagian terluarnya menjadi keras, sedangkan, bagian dalamnya masih tetap merupakan massa zat yang panas dalam keadaan lunak. 

Sepanjang proses pendinginan berlangsung dalam jangka waktu jutaan tahun, zat-zat pembentuk bumi yang terdiri atas berbagai jenis sifat kimia dan fisikanya sempat me misahkan diri sesuai denganperbedaan si fat-sifat tersebut. 

Hasil-hasil penelitian ter hadap fisik bumi menunjukkan bahwa batu batuan pembentuk bumi mulai dari kerak bumi sampai inti bumi mem punyai komposisi mineral dan unsur kimia yang berbeda-beda. Pada dasarnya pla net bumi mempunyai struktur utama (dari permukaan sampai ke dalam), yaitu se bagai berikut. 

1. Litosfer (lapisan batuan pembentuk kulit bumi atau crust)

Litosfer berasal dari kata lithos berarti batu dan sfhere/sphaira berarti bulatan atau la pisan. Dengan demikian Litosfer dapat diartikan lapisan batuan pembentuk kulit bumi. Dalam pengertian lain, litosfer adalah lapisan bumi paling atas dengan ketebalan lebih kurang 70 km yang tersusun dari batuan penyusun kulit bumi. 

2. Astenosfer (lapisan selubung atau mantle) 

Astenosfer, yaitu lapisan yang terletak di bawah litosfer dengan ke tebalan sekitar 2.900 km berupa material cair kental dan berpijar dengan suhu sekitar 3.000°C, merupakan campuran dari berbagai bahan yang bersifat cair, padat dan gas bersuhu tinggi. 

3. Barisfer (lapisan inti bumi atau core) 

Ba risfer, yaitu lapisan inti bumi yang merupakan bagian bumi paling dalam yang tersusun atas lapisan Nife (Nicolum atau nikel dan ferum atau besi). Lapisan ini dapat pula dibedakan atas dua bagian yaitu inti luar dan inti dalam.

4. Inti luar (Outer core) 

Inti luar adalah inti bumi yang ada di bagian luar. Tebal lapisan ini sekitar 2.200 km, tersusun atas materi besi dan nikel yang bersifat cair, kental, dan panas berpijar bersuhu sekitar 3.900°C. 

Struktur Lapisan Bumi
Karakteristik lapisan bumi

5. Inti dalam (Inner core) 

Inti dalam adalah inti bumi yang ada di lapisan dalam dengan ketebalan sekitar 2.500 km, tersusun atas materi besi dan nikel pada suhu yang sangat tinggi yakni sekitar 4.800°C, akan tetapi tetap dalam keadaan padat dengan densitas sekitar 10 gram/cm3 . Hal itu disebab kan adanya tekanan yang sangat tinggi dari bagian-bagian bumi lainnya.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Struktur Lapisan Bumi"

close