Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Keunggulan Lokasi dalam Perkembangan Teknologi

Pengaruh Keunggulan Lokasi dalam Perkembangan Teknologi

Pengaruh potensi lokasi terkadang juga dapat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang dapat dikembangkan adalah teknologi transportasi dan komunikasi. Bayangkan saja kondisi indonesia yang berbentuk kepulauan? 

Tidak akan mudah menjangkau lokasi yang jauh di papua dari jawa. Karena itu, teknologi dan komunikasi harus dapat dikembangkan. Tanda adanya perkembangan teknologi akan menyulitkan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.

a. Perkembangan Teknologi Transportasi

Negara indonesia merupakan negara yang berbentuk kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau dan dikelilingi oleh laut atau perairan. Lokasi indonesia tersebut membuat indonesia memiliki keunggulan dalam segi transportasi. 

Agar mampu mengakomodir kebutuhan penduduk indonesia maka transportasi yang digunakan menggunakan tiga jalur yaitu darat, udara dan laut. Sarana transportasi yang digunakan disetiap daerah akan berbeda - beda mengikuti karateristik wilayahnya masing - masing. 

Perbedaan karateristik geografi di suatu daerah membuat indonesia memiliki keragaman tersendiri dalam transportasi. Sebagai contoh misalnya antara pulau jawa dengan pulau papua. Pulau jawa yang keadaan geografisnya cenderung rata tidak berbukit - bukit membuat transportasi darat sangat memungkinkan untuk dijalankan.

Sedangkan untuk pulau papua yang struktur daerahnya berbentuk bukit - bukit maka transportasi udara lebih tepat untuk dijalankan.

b. Perkembangan Teknologi Komunikasi

Keadaan wilayah di indonesia ternyata mampu mendorong manusia untuk mengembangkan teknologi komunikasi. Pengembangan teknologi komunikasi sudah dilakukan oleh masyarakat indonesia sejak dahulu. Pengembangan teknologi komunikasi sudah dilakukan oleh masyarakat indonesia sejak dahulu.

Masyarakat indonesia menyadari tentang keadaan topografi indonesia yang berbentuk pegunungan sedangkan jarak antara desa satu dengan yang lain sangat jauh. Oleh karena itu, penduduk indonesia menciptakan sebuah alat yang mampu menjadi komunikasi antarmereka dan salah satunya kentongan.

Pada zaman menuntut pula perkembangan teknologi dalam komunikasi. Melalui teknologi manusia dapat menjalin komunikasi dengan efesien dan efektif. Lokasi dan bentuk wilayah indonesia membuat komunikasi lisan tidak dapat dilakukan atau apabila pesan tersebut dititipkan maka akan ada beberapa pesan yang yang berubah.

Dengan ditemukannya simbol gambar dan tulisan membuat manusia mengembangkan komunikasi lewat tulisan. Surat menyurat menjadi kebiasaan masyarakat indonesia dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Surat menyurat ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat indonesia pada akhir tahun 1900-an. Segala bentuk komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat indonesia mempunyai kelebihan dan kekurangan. 

Komunikasi secara langsung memiliki kelebihan berupa komunikasi dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung sehingga berita yang disampaikan dapat jelas dan tepat, namun komunikasi dalam bentuk ini mempunyai kekurangan dalam menentukan waktu untuk berkomunikasi.

Komunikasi yang dilakukan dengan surat menyurat juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Komunikasi dengan surat menyurat memiliki kelebihan dan kekurangan. Komunikasi dengan surat menyurat meiliki kelebihan cara mudah dan murah namun kekurangannya terdapat pesan yang akan disampaikan sering tidak sampai pada tujuannya.

Kekurangan dari bentuk komunikasi langsung atau tidak langsung dapat dihilangkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi mengembangkan komunikasi. Melalui teknologi dan ilmu pengetahuan, maka sekarang berkembang komunikasi dengan cara digital.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengaruh Keunggulan Lokasi dalam Perkembangan Teknologi"

close