Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Definisi Psikologi Pendidikan

Pengertian dan Definisi Psikologi Pendidikan

Pengertian dan definisi Psikologi Pendidikan dapat dilihat dari dua sudut yakni etimologi dan terminologi. Menurut etimologi (asal usul kata) Psikologi Pendidikan dapat dijabarkan dalam dua kata yakni “Psikologi” dan “Pendidikan”. 

Psikologi pertama secara etimologi adalah istilah hasil peng-Indonesia-an dari bahasa asing, yakni bahasa Inggeris “Psychology”. Istilah psychologi sendiri bersal dari kata kata Yunani ”Psyche”, yang dapat diartikan sebagai roh, jiwa atau daya hidup, dan “logis” yang dapat diartikan ilmu. 

Kedua secara terminologi (istilah) maka psikologi berarti ilmu jiwa atau ilmu yang memperlajari atau menyelidiki pernyataan pernyataan (A.Sujanto,1985:1). Gejala jiwa yang dijadikan obyek pembahasan dalam psikologi ada empat macam yakni; gejala pengenalan (kognisi), gejala perasaan (emosi), gejala kehenak (konasi), dan gejala campuran (kombinasi).

Pendidikan yang berasal dari kata didik dalam bahasa Indonesia juga hasil dari transeletasi peng-Indonesia-an dari bahasa Yunani yaitu “Peadagogie”. Etimologi kata Peadagogie adalah “pais” yang artinya “Anak”, dan “again” yang terjemahannya adalah “bimbing”. 

Jadi terjemahan bebas kata peadagogie berarti “bimbingan yang diberikan kepada anak”. Menurut termonologi yag lebih luas maka pendidikan adalah usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tujuan hidup dan penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental (Sudirman N,1992:4). 

Penelusuran makna dua kata psikologi dan pendidikan di atas dapat dijadikan dasar untuk melihat lebih jauh pengertian dan definisi psikologi pendidikan. 

Dengan maksud untuk memahami lebih luas psikologi dan pendidikan dari sudut masing masing, berikut beberapa definisi Psikologi Pendidikan yang pernah dikemukakan para ahli. 

Menurut Crow & Crow ; Educational psychology deseribesa and explains the learning experiencess of an individual from birth though old age. Its subject matter is concerned with the conditions that efect learning (Crow & Crow, 1958:7). 

Crow & Crow menegaskan bahwa Psikologi merupakan suatu ilmu yang menerangkan masalah belajar pada seorang anak sejak lahir sampai usia lanjut, termasuk didalamnya kondisi yang mempengaruhi belajar. 

Kemudian Barlow memberikan batasan Psikologi Pendidikan sebagai berikut:..... a body of knowladge grounded in psychological research which provides a repertioire of resoucers to aid you in functioning more effectively in teaching learning process.

Makna dari kutipan tersebut adalah bahwa Psikologi Pendidikan sebagai sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologi dengan rangkaian sumber sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas tugas sebagai guru dalam proses belajar mengajar secara efektif. 

Bagian berikut ini Witherington menegaskan pengertian Psikologi Pendidikan sebagai berikut: A Systematic study of the process and factor involvidin the education of human being called educational psychology (Witherington:1952). 

Terjemahan Indonesianya adalah bahwa Psikologi Pendidikan merupakan studi sistematis tentang proses proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan manusia. 

Lebih konfrehensif lagi psikologi pendidikan dijabarkan dalam encarta sebagai berikut: Educational Psychology, application of scientific method to the study of the behavior of people in instructional settings..Microsoft ® Encarta ® 2009. © 1993-2008 Microsoft Corporation. All rights reserved. 

Psikologi pendidikan lebih merupakan ilmu yang dapat diterakan dalam kehidupan sehari hari khususnya tentang bagaimana masyarakat kita mengelola belajar. Hubungan guru dengan murid dan lain sebagainya. 

Beberapa definisi di atas penulis anggap dapat mewakili banyak definisi yang dikemukakan para ahli. Untuk itu sedikitnya ada tiga hal penting yang harus dijelaskan dari pengertian Psikologi Pendidikan yakni: 

  1. Psikologi Pendidikan adalah pengetahuan kependidikan yang didasarkan atas hasil hasil temuan riset psikologi. 
  2. Hasil hasil riset psikologi tersebut kemudian dirumuskan sehingga menjadi konsep konsep, teori teori, dan metode metode serta strategi strategi yang utuh. 
  3. Konsep, teori, metode dan strategi tersebut kemudian disistematisasikan hingga menjadi “repertoire of resources”, yakni rangkaian sumber yang berisi pendekatan yang dapat dipilih dan digunakan untuk praktik praktik kependidikan khususnya dalam hal belajar mengajar. 

Dari rumus berbagai pendapat di atas, Psikologi Pendidikan jelas hadir dari pengembangan riset psikologi pada umumnya untuk kepentingan pendidikan. Dengan dasar ini dapat ditegaskan definisi dan pengertian Psikologi Pendidikan yakni; suatu cabang ilmu jiwa yang membahas tingkah laku anak pada proses pendidikan.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Definisi Psikologi Pendidikan"

close