Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Letak Astronomis Terhadap Iklim Indonesia

Letak secara astronomis memengaruhi iklim suatu wilayah. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan intensitas sinar matahari yang diterima setiap wilayah. Letak astronomis wilayah Indonesia berada di sekitar garis equator (khatulistiwa). Pengaruh letak secara astronomis terhadap wilayah Indonesia, yaitu: 
  1. Indonesia dikategorikan negara beriklim tropis dengan rata-rata suhu dan kelembaban udara yang tinggi. Suhu udara yang relatif tinggi terjadi karena pengaruh intensitas matahari yang tinggi. Sedangkan kelembaban yang tinggi karena pengaruh angin yang membawa uap air dari perairan laut. 
  2. Penyinaran matahari berlangsung sepanjang tahun. Wilayah Indonesia mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun dengan intensitas yang hampir sama dalam durasi waktu 12 jam sehingga mengakibatkan suhu udara tinggi (senantiasa > 18oC). 
  3. Memiliki hutan hujan tropis yang luas. Hutan hujan tropis di Indonesia dengan berbagai jenis flora dan fauna tumbuh di pulau-pulau besar, seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 
Iklim tropis dapat dilihat dari pembagian iklim matahari seperti terlihat pada gambar berikut.
Pengaruh Letak Astronomis Terhadap Iklim Indonesia yang Bercorak Tropis
Pembagian Iklim Matahari


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengaruh Letak Astronomis Terhadap Iklim Indonesia"

close