Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Letak Indonesia Secara Astronomis

Pengertian Letak Indonesia Secara Astronomis

Indonesia berada di antara 6°LU (Lintang Utara) - 11°LS (Lintang Selatan) dan 95°BT (Bujur Timur) - 141°BT (Bujur Timur). Batas wilayah Indonesia sebagai berikut: 
  1. Batas wilayah utara di 6°08' LU adalah Pulau Weh (pulau paling utara di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam). 
  2. Batas wilayah selatan di 11° 15' LS adalah Pulau Rote (pulau paling selatan di provinsi Nusa Tenggara Timur). 
  3. Batas wilayah barat pada 95° 45' BT adalah Pulau Benggala (pulau paling barat di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam). 
  4. Batas wilayah timur pada 141° 05' BT adalah Sungai Fly (sungai yang berada di kota Merauke Provinsi Papua). 
Letak Indonesia berdasarkan garis lintang dan garis bujur merupakan wujud letak astronomis. Letak astronomis disebut juga letak absolut. Letak absolut mengidentifikasikan setiap lokasi sebagai titik melalui ukuran bujur dan lintang. 

Ukuran tersebut memiliki satuan derajat (°) dan diaplikasikan dalam sistem grid matematis. Letak astronomis berarti letak suatu wilayah berdasarkan sistem koordinat (garis bujur dan garis lintang). 

Garis bujur merupakan garis khayal yang membagi secara vertikal dan menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan. Garis lintang membagi Bumi menjadi dua bagian sama besar yaitu utara dan selatan. Garis lintang sejajar dengan garis khatulistiwa (equator). 

Berdasarkan letak astronomis tersebut, pulau-pulau Indonesia terbagi menjadi dua sisi yaitu bagian atas (belahan bumi utara) dan bawah (belahan bumi selatan). Terbaginya dua sisi ini dikarenakan adanya garis khatulistiwa (garis equator atau zero latitude). 

Pulau besar yang dilintasi garis khatulistiwa adalah Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra. Garis khatulistiwa melewati Pulau Waigeo di Papua Barat, Pulau Halmahera di Maluku Utara, Sulawesi, Kota Bonjol di Sumatra Barat, Kota Pontianak di Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Batu di Sumatra Utara. 

Namun secara keseluruhan, sebagian besar wilayah Indonesia berada pada belahan bumi selatan. Perhatikan letak astronomis Indonesia pada Gambar.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Letak Indonesia Secara Astronomis"

close