Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN

BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN

Dalam suatu perekonomian, adanya badan usaha dan berbagai lembaga keuangan merupakan komponen penting untuk menggerakkan roda perekonomian. Salah satu peranan yang bisa dilakukan oleh lembaga keuangan untuk badan usaha adalah dengan memberikan modal jangka panjang maupun jangka pendek untuk memperluas usahanya. 

Pada bab ini, selain mempelajari konsep badan usaha, kalian juga akan mempelajari bagaimana mengelola suatu badan usaha. Sejumlah informasi tidak termuat dalam materi, dan bisa kalian telusuri dari sumber lainnya yang relevan, baik dari buku, jurnal ilmiah, maupun situs internet yang terpercaya. 

1. Pengertian Badan Usaha 

Badan usaha merupakan suatu kesatuan yuridis ekonomis yang mendirikan usaha untuk mencari keuntungan. Adapun maksud dari kesatuan yuridis ekonomi merupakan individu maupun sekelompok orang yang mempunyai tujuan ingin mencari keuntungan dengan cara menghasilkan barang dan jasa. Adapun ciri badan usaha, antara lain: 

  • Tujuan utama yang ingin dicapai adalah mencari keuntungan 
  • Dalam proses pelaksanaannya membutuhkan modal dan tenaga kerja 

Seringkali, kita memahami bahwa badan usaha dan perusahaan merupakan sesuatu hal yang sama. Akan tetapi, terdapat perbedaan konsep antara badan usaha dengan perusahaan. Badan usaha merupakan lembaga, sedangkan perusahaan merupakan tempat untuk melakukan kegiatan produksi atau tempat mengolah faktor produksi secara efektif dan eisien. Menurut Ismawanto (2009), terdapat perbedaan badan usaha dengan perusahaan, yaitu:

BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN

2. Jenis Badan Usaha 

Berdasarkan lapangan usahanya, badan usaha dibedakan menjadi: 

a. Badan usaha ekstraktif 

Merupakan badan usaha yang kegiatan utamanya adalah mengambil langsung hasil alam atau memanfaatkan hasil alam yang tersedia dan langsung menjualnya.

b. Badan usaha agraris 

Merupakan badan usaha yang kegiatannya mengolah alam seperti pertanian, perikanan, dan perkebunan.

c. Badan usaha industri/manufaktur 

Merupakan badan usaha yang mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. 

d. Badan usaha perdagangan 

Merupakan badan usaha yang kegiatannya menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen tanpa mengubah bentuk barang yang dijual. Jenis usaha ini juga merupakan kegiatan jual beli. 

e. Badan usaha jasa 

Merupakan badan usaha yang bergerak dalam pelayanan jasa atau menjual skill/kemampuan kepada konsumen. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN"

close