Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Antropologi dalam Kehidupan

Penerapan Antropologi dalam Kehidupan

Antropologi sebagai ilmu terapan muncul sebagai jawaban dari semakin meningkatnya masalah yang ada di masyarakat terkait budaya dan manusia. 

Peran antropologi sebagai ilmu terapan makin terlihat saat para antropolog mulai menggunakan pendekatan antropologi dalam menjembatani jurang-jurang kebudayaan dengan pesatnya perubahan yang terjadi. 

Para antropolog masuk dalam kehidupan masyarakat yang mengenal kebudayaannya dan dinamika yang terjadi kemudian memberikan gambaran pada pemangku kebijakan terkait perubahan yang dilakukan agar masyarakat lebih baik dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Untuk memberikan gambaran yang lebih spesifik maka berikut disampaikan penerapan antropologi dalam kehidupan sehari-hari:

a. Antropologi Politik 

Spesialisasi antropologi pada bidang ini dilatarbelakangi oleh munculnya beragam perbedaan ideologi terkait kekuasaan di masyarakat. Kesenjangan asas terlihat dalam penyelenggaraan pemerintahan modern (industri) dengan masyarakat nonindustri. 

Peran antropolog dibutuhkan terkait penyelarasan tujuan dan teknis penyelenggaraan pemerintahan agar tidak terjadi konflik sosial dan tujuan masyarakat dengan perkembangan zaman dapat melaksanakan pembangunan yang lebih maksimal. 

b. Antropologi Kesehatan dan Gizi 

Isu antropologi sangatlah luas termasuk di dalamnya adalah kesehatan. Konsentrasi para antropolog terhadap pengobatan tradisional atau nonmedis, sistem kesehatan masyarakat, dan gizi menjadikan antropologi kesehatan ini sangat menarik untuk dipelajari.Istilah antropologi kesehatan digunakan oleh para ahli antropologi untuk mendefinisikan: 

  • penelitian antropologi yang tujuannya mendefinisikan hubungan timbal balik biologi dan budaya, antara tingkah laku manusia di masa lalu hingga masa kini dengan derajat kesehatan dan penyakit. 
  • partisipasi profesional mereka dalam program-program yang bertujuan memperbaiki derajat kesehatan melalui pemahaman derajat kesehatan (Foster/Anderson, 2013). Isu mengenai kesehatan dan kebugaran manusia menjadi salah satu isu penting dalam antropologi. 

c. Antropologi Perkotaan 

Antropologi perkotaan adalah pendekatan dari antropologi terapan dalam melihat berbagai masalah yang timbul dalam masyarakat di wilayah perkotaan. Kajian ini muncul akibat berkembangnya masyarakat yang semakin kompleks. 

Kajian antropologi memulai dari masyarakat tradisional (perdesaan) menuju masyarakat modern (perkotaan). Beberapa objek kajian dalam antropologi perkotaan yang menarik untuk dikaji antara lain, kemiskinan di perkotaan dan urbanisasi. 

d. Antropologi Hukum 

Kajian antropologi terkait norma-norma yang ada di masyarakat dan memiliki tujuan akhir yaitu keteraturan pola perilaku individu dalam masyarakat. Norma-norma tersebut dibuat oleh lembaga-lembaga yang berwenang dan bersifat mengikat, baik di masyarakat modern maupun tradisional. 

e. Antropologi Lingkungan 

Salah satu subbidang antropologi yang membahas atau mempelajari adaptasi manusia pada lingkungannya. Definisi lain mengatakan bahwa antropologi lingkungan merupakan subbidang dari antropologi yang mengkaji hubungan antara populasi manusia dan lingkungan biofisiknya. 

Fokus kajiannya mengarah pada praktik budaya yang terkait erat dengan lingkungan. Misalnya pada masyarakat adat yang menjaga lingkungannya seperti menjaga dirinya sendiri. Seperti kasus sebelumnya pada masyarakat adat Ammatoa Kajang dan Tengger yang memiliki keyakinan untuk menjaga alam lingkungannya.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Penerapan Antropologi dalam Kehidupan"

close