Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mengatasi Kesenjangan Ekonomi

Solusi Mengatasi Kesenjangan Ekonomi

Kesenjangan ekonomi memiliki dampak pada kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan langkah-langkah yang solutif dalam mengatasi hal tersebut. Solusi mengatasi kesenjangan ekonomi dapat dilakukan dengan mengidentiikasi akar penyebabnya. 

Jika akar penyebabnya berbeda, maka solusinya juga akan berbeda. Misalnya, jika penyebab kesenjangan ekonomi berkaitan dengan pendidikan yang tidak merata maka solusinya membuat suatu kebijakan agar pendidikan menjadi rata, begitu pun dengan aspek lainnya. 

 Mengatasi kesenjangan ekonomi bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan sinergi dan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah. Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesenjangan ekonomi antara lain sebagai berikut. 

a. Pendidikan 

Sebagaimana penyebab kesenjangan ekonomi adalah pendidikan yang tidak merata, maka solusi mengatasi kesenjangan ekonomi adalah meningkatkan kualitas pendidikan yang merata. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting untuk memperkuat pondasi perekonomian. 

b. Infrastruktur 

Pembangunan infrastruktur dapat mengurangi kesenjangan ekonomi. tidak dapat dipungkiri adanya infrastruktur yang tidak merata menyebabkan lambatnya pengiriman barang di berbagai daerah sehingga meningkatkan biaya produksi. 

Salah satu pembangunan infrastruktur yang dapat mengurangi kesenjangan adalah dengan pembangunan pelabuhan, sehingga kegiatan mengirim dan menerima barang akan dilakukan dengan cepat. 

c. Subsidi 

Pemberian subsidi yang tepat sasaran kepada masyarakat dapat menjadi solusi bagi masalah kesenjangan ekonomi. Subsidi dari pemerintah dapat berupa bantuan secara langsung, maupun bantuan dalam bentuk modal alat kepada masyarakat, agar dapat meningkatkan kegiatan ekonominya. Hal tersebut diharapkan dapat mendorong pendapatan di daerah sehingga kesenjangan ekonomi dapat teratasi.  

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Solusi Mengatasi Kesenjangan Ekonomi"

close