Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketimpangan Pendapatan

Ketimpangan Pendapatan

Ketimpangan pendapatan dapat terjadi akibat tidak meratanya distribusi pendapatan. Distribusi pendapatan menjelaskan dan menilai bagaimana pemerataan pendapatan di suatu negara. Menurut Bank Dunia ketimpangan pendapatan merupakan dimensi penting untuk mengukur kesejahteraan negara karena implikasinya pada kemampuan untuk mengurangi kemiskinan. 

Dibandingkan dengan indikator lain, ketimpangan pendapatan menjadi aspek kesejahteraan yang penting karena juga melihat distribusi pendapatan berdasarkan dari berbagai golongan masyarakat dan tidak hanya fokus pada satu kelompok masyarakat saja. 

Distribusi yang tidak merata di suatu negara akan menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan. Untuk mengetahui ketimpangan distribusi pendapatan dapat digunakan indikator yaitu koeisien gini (gini ratio) dan kurva lorenz. 

a. Koeisien Gini 

Koeisien gini atau indeks gini merupakan ukuran dari distribusi pendapatan. Teori koeisien gini dikembangkan oleh ahli statistik dari Italia bernama Corrado Gini pada tahun 1912. Tidak hanya mengukur distribusi pendapatan, koeisien gini juga digunakan untuk mengukur ketidaksetaraan ekonomi dan mengukur distribusi kekayaan di suatu populasi. 

Nilai dari koeisien gini berkisar di angka 0 (0%) hingga 1 (100%). Jika angka koeisien gini mendekati angka nol (0) maka pendapatan terdistribusi secara merata, tetapi semakin mendekati angka satu menunjukkan pendapatan tidak terdistribusi secara merata. 

Koeisien gini memang digunakan sebagai alat ukur dari distribusi pendapatan, tapi tidak menjadikan sebagai ukuran mutlak pendapatan atau kekayaan negara. 

Sebuah negara yang memiliki pendapatan yang tinggi dengan negara yang berpendapatan rendah bisa saja memiliki nilai koeisien gini yang sama. Hal tersebut dapat terjadi apabila kedua negara tersebut distribusi pendapatannya sama.

b. Kurva Lorenz 

Kurva lorenz adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara persentase pendapatan dengan persentase penerima pendapatan selama kurun waktu tertentu, dan biasanya berbagai negara mengukurnya dalam waktu setahun. 

Kurva Lorenz akan disertai angka kemiringan 1 yang disimbolkan dengan garis diagonal. Semakin jauh kurva dari garis diagonal, maka distribusi pendapatan tidak merata, sebaliknya jika kurva mendekati garis diagonal maka distribusi pendapatan merata. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Ketimpangan Pendapatan"

close