Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Antropologi Menurut Ahli

Pengertian Antropologi Menurut Ahli
Antropologi berasal dari dua akar kata Yunani: anthropos, artinya “orang” atau “manusia”; dan logos, artinya “ilmu/nalar”. 

Menurut kamus athropology dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang makhluk manusia dengan mempelajari aneka warna bentuk fisik, kepribadian, masyarakat, serta kebudayaannya. 

Dari analisis usul asal kata, disimpulkan bahwa antropologi merupakan ilmu pengetahuan tentang manusia. 

Dalam refleksi yang lebih bebas, antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mencoba menelaah sifat-sifat manusia secara umum dan menempatkan manusia yang unik dalam sebuah lingkungan hidup yang lebih bermartabat. 

Antropologi modern meneruskan apa yang telah dimulai oleh strategi tradisional dari usaha antropologi pada masa-masa lampau. 

Yang terasa sepanjang sejarah perkembangan ilmu pengetahuan umumnya, ilmu antropologi berupaya untuk membangun sebagai kajian ilmiah tentang manusia dalam bingkai kehidupan sosial dengan membuat perbandingan antar sosialitas yang satu dengan yang lain. 

Perbandingan tersebut terutama berkenaan dengan pola menempatkan model sosialitas masa silam dengan yang sekarang, dan bahkan berkaitan dengan yang bakal terjadi (nanti). 

Pemahaman antropologi dalam kerangka perbandingan ini bersifat komprehensif, dalam arti elemen-elemen yang diambil untuk dibuat perbandingan sungguh memberi satu pemahaman yang menyeluruh berkenaan dengan kehidupan manusia, baik pribadi maupun kelompok. 

Dengan demikian, kajian perbandingan antropologi merangkumi manusia, karya dan seluruh keberadaannya, seperti terlihat secara struktural dalam uraian mengenai dua elemen dasar kehidupan manusia sebagai satu entitas pribadi dan makhluk sosial.

Berikut adalah beberapa pengertian dari Antropologi: 

a) Keesing (1981)

Antropologi adalah kajian tentang manusia. 

b) Haviland (1985)

Antropologi adalah suatu studi tentang manusia dan perilakunya dan melaluinya diperoleh pengertian lengkap tentang keanekaragaman manusia. 

c) Prof Harsojo

Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang umat manusia sebagai mahkluk masyarakat, terutama pada sifat-sifat khusus badani dan cara-cara produksi, tradisi-tradisi dan nilai-nilai yang membuat pergaulan hidup menjadi berbeda dari yang satu dengan lainnya. 

d) Koentjaraningrat (2009)

Ilmu antropologi memperhatikan 5 (lima) buah masalah mengenai makhluk hidup yaitu : 
  • Masalah pada perkembangan manusia sebagai makhluk biologis 
  • Masalah pada sejarah terjadinya aneka bentuk makhluk manusia, dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya. 
  • Masalah pada sejarah asal, perkembangan, serta penyebaran berbagai macam bahasa di seluruh dunia. 
  • Masalah persebaran dan terjadinya keanekaragaman kebudayaan manusia di seluruh dunia. 
  • Masalah pada dasar-dasar dan keanekaragaman kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakatmasyarakat dan suku bangsa yang tersebar di seluruh penjuru bumi pada zaman sekarang ini.
Ahli antropologi, dengan menyelidiki keseluruhan cakupan pengembangan manusia dan perilaku, ingin mencapai suatu total uraian tentang gejala sosial dan budaya. Ilmu antropologi, merupakan suatu disiplin yang berhadapan dengan perkembangan dan asal-usul manusia, masyarakat dan perbedaan antar mereka.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Antropologi Menurut Ahli"

close