Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Antropologi

Arti Kata Antropologi

Secara arti kata kata, istilah antroplogi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari asal kata anthropos yang artinya manusia dan logos /logi yang artinya ilmu. Kemudian ditulis dalam ejaan bahasa Inggris menjadi Anthroplogy. 

Sedangkan untuk ejaan dalam bahasa Indonesia menjadi Antroplogi. Jadi kalau dalam bahasa Indonesia terdiri dari Antro artinya manusia dan logo/logi artinya ilmu. Maka sepintas dari arti kata secata etimologi dapat dikatakan bahwa antroplogi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia. 

Beberapa defenisi berikut ini akan membantu kita dalam memahami pengertian ilmu antroplogi. 

  1. Antropologi adalah studi untuk menyusun sejumlah generalisasi yang bermakna tentang mahluk manusia dan tindakanya serta pengertian yang lengkap tentang keragaman munusia baik kebudayaan maupun ciri fisiknya. (Haviland. 199: 29). 
  2. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia pada umunya baik mengenai warna kulit, bentuk fisik maupun kebudayaan yang dihasilkan. (koentjaraningrat. 2009: 12). 
  3. Antropologi adalah ilmu yang membicarakan tentang beragam kebudayaan, perbedaan dan persamaan fisik, sifat manusia dan kelembagaannya. (Keesing. 1999:1). 
  4. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia sebagi mahluk biologi dan manusia sebagai mahluk sosio-budaya secara holistik, yaitu sebagai suatu kesatuan bio-sosio-budaya. (Harsoyo. 1999: 1).
  5. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dari asepk fisik, psikis, sosial dan budayanya sebagai suatu kesatuan yang menentukan tindakanya. 

Penjelasan mengenai pengertian tentang antroplogi di atas dapat difahami bahwa ilmu ini memfokuskan kajianaya terhadap manusia dalam arti manusia yang seutuhnya.

 Yaitu manusia dari aspek bentuk fisik, manusia dari aspek ruhaniah, manusia dari aspek nilai atau pikran/ide (budaya) dan manusia dari aspek tindakan, baik tindakan yang bersifat individual maupun tindakan yang berkaitan dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya (sosial). 

Untuk memahami makna manusia seutuhnya dapat dilihat pada pembahasan tentang bab kebudayaan. Penjelasan terdahulu kita mendapat suatu gambaran mengenai arti dan makna antroplogi, yaitu suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa kajian tentang manusia bukan hanya dilakukan oleh ilmu antroplogi karena begitu banyak cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia. 

Namun tentu semua cabang ilmu mempunyai landasan epistemology (asal usul ilmu),ontology (obyek kajian) dan axiology (kegunaan) untuk melihat manusia dari sudut pandang kajian ilmunya. 

Dan Kajian antroplogi pada manusia ditujukan pada aspek fisik atau manusia sebgai mahluk biologi dan aspek budaya atau manusia sebagai mahluk sosial budaya. Manusia sebagai mahluk biologi juga dipelajari oleh ilmu biologi, ilmu kedokteran, ilmu olahraga dan kesehatan dan lain-lain. 

Sedangkan manusia sebagai mahluk budaya dipelajari pula oleh ilmu sosiologi, ilmu psikologi, ilmu hukum, ilmu komonikasi, ilmu pendidikan, ilmu filsafat, ilmu politik da lain sebaginya. 

Akan tetapi kesemua ilmu yang membicarakan tentang manusia walaupun memiliki obyek materi yang sama yaitu mempelajarai manusia akan tetapi kesemuanya masingmasing mempunyai obyek forma (spesifikasi) yang bebeda.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Arti Kata Antropologi "

close