Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BIAYA PENGGUNAAN MODAL (COST OF CAPITAL)

BIAYA PENGGUNAAN MODAL (COST OF CAPITAL)

Konsep Cost of Capital (Biaya penggunaan modal atau biaya modal) dimaksudkan untuk dapat menentukan besarnya biaya yang secara riil harus ditanggung oleh perusahaan untuk memperoleh dana dari suatu sumber. 

Capital Budgeting dan Cost of Capital (CoC) merupakan dua konsep yang saling berkaitan. Kita tidak bisa menentukan besarnya cost of capital jika tidak mengetahui besaran capital budget, dan sebaliknya, kita tidak bisa menentukan jumlah capital budget jika tidak tahu nilai cost of capital. 

Dengan demikian, jika manajer keuangan ingin memaksimalkan nilai perusahaan, maka biaya modal dan capital budgeting harus ditentukan secara simultan. 

Demikian pula, dalam pembahasan bab-bab selanjutnya akan lebih jelas bahwa infornasi tentang biaya modal dibutuhkan pada saat perusahaan memutuskan untuk melakukan leasing dan pendanaan kembali obligasi (bond refunding). 

Cost of Capital (Biaya modal) adalah biaya riil yang harus ditanggung perusahaan karena digunakannya modal yang digunakan untuk berinvestasi. 

Karena sifatnya sebagai biaya, maka biaya modal juga diartikan sebagai batas minimum tingkat hasil yang harus dicapai perusahaan (minimum required rate of return) agar perusahaan tidak dinyatakan merugi 

A. Biaya Modal Individu 

Perhitungan biaya penggunaan modal dapat didasarkan atas perhitungan sebelum pajak atau perhitungan sesudah pajak. Namun pada umumnya digunakan perhitungan atas dasar sesudah pajak. 

Biaya modal rata-rata (Average Cost of Capital) biasanya digunakan sebagai ukuran untuk menentukan diterima atau ditolaknya suatu usul investasi, yaitu dengan membandingkan rate of return dari usul investasi dengan cost of capital nya. 

1. Biaya Modal Hutang Jangka Pendek 

Dalam periode awal atau tahap perencanaan, manajer keuangan harus mengetahui dengan tepat tipe dan jumlah hutang jangka panjang (debt) yang akan digunakan untuk mendanai proyek dalam capital budgeting. 

Tipe hutang akan sangat ditentukan oleh asset yang akan didanai serta kondisi pasar modal dalam satu periode. Dengan demikian, manajer keuangan diharapkan mampu memahami tipe hutang yang cocok dengan bidang usaha perusahaan. 

Utang jangka pendek terdiri dari utang perniagaan (trade accounts payable), utang wesel dan kredit jangka pendek dari bank. Biaya kredit perniagaan (trade credit) adalah Explisit, jika Debitur gagal membayar tepat pada waktunya maka akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan “Cash Discount”. 

Jika suatu perusahaan kehilangan kesempatan mendapatakan cash discount selama setahun, biaya explisit dari kredit perniagaan tersebut dihitung dengan membandingkan cash discount yang hilang dengan jumlah rata-rata utang perniagaan selama setahun. 

Biaya hutang setelah pajak (kd) dihitung dengan formula ki(1-t) untuk mencerminkan tingkat bunga atas hutang dikurangi dengan penghematan pajak yang timbul karena pembayaran bunga (pembayaran bunga bersifat mengurangi pajak) atau dengan kata lain biaya bunga obligasi didasarkan pada prinsip after tax basis. Dikatakan penghematan pajak karena logika yang digambarkan dari persamaan di bawah ini. 

BIAYA PENGGUNAAN MODAL (COST OF CAPITAL)

B. Fungsi Cost Of Capital 

Menurut Harjito dan Martono (2014) perhitungan biaya modal sangat erat kaitannya dengan pajak yang dikenakan kepada perusahaan. Biaya modal yang dikenakan pada modal pinjaman akan berbeda dengan biaya modal dari modal sendiri. 

Konsep perhitungan biaya modal dapat didasarkan pada perhitungan sebelum pajak (before tax basis) atau perhitungan stelah pajak (after tax basis). Perbedaan konsep ini karena pajak merupakan pengurang laba yang diperoleh perusahaan. 

Pada umumnya analisis modal didsarkan pada keadaan setelah pajak. Apabila ada biaya modal yang dihitung sebelum pajak (seperti biaya modal dan obligasi) maka perlu disesuaikan dulu dengan pajak sebelum dilakukan perhitungan biaya modal rata-ratanya. 
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "BIAYA PENGGUNAAN MODAL (COST OF CAPITAL)"

close