Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Data Arkeologi Fitur

Hasil Data Arkeologi Fitur

Fitur merupakan peninggalan sejarah yang tidak dapat diangkat dari tempat kedudukannya (Puslit Arkenas, 1999:4). Selain tidak mungkin untuk dipindahkan karena berat, dikhawatirkan akan merusak peninggalan sejarah tersebut. Fitur juga merupakan sebuah peninggalan sejarah yang masih terjaga keasliannya di lokasi penemuannya. 

a) Makam 

Makam merupakan tempat persinggahan terakhir manusia yang telah meninggal dan diletakkan di tempat tersebut. Makam dibuat untuk menghormati dan sekaligus mengenang tokoh yang sudah meninggal. 

Makam juga menunjukkan kapan tokoh tersebut hidup dan meninggal, silsilah keluarga, serta status sosialnya. Makam zaman purba ditemukan ada yang berbentuk kubur batu dan ditaruh di dalam gua. 

Setelah manusia mengenal apa itu budaya dan agama, kemudian makam menjadi berbentuk macam-macam seperti catacomb/kuburan bawah tanah dari Perancis yang dipengaruhi oleh agama Kristen. Lalu mumifikasi di makam piramida Giza yang dipengaruhi kepercayaan atas dewa matahari serta nilai Mesir kuno. 

Di Indonesia, tradisi unik dalam makam bisa ditemui semisal di desa Trunyan di mana orang yang telah meninggal diletakkan di bawah pohon kemenyan. Pohon ini diyakini bisa mengeluarkan aroma harum yang dapat menyerap bau-bau jenazah. 

Antropolog yang berpusat pada antropologi agama dapat menafsirkan makna apa-apa saja yang terkandung dalam upacara kematian tersebut. 

b) Benteng, Gapura, dan Pagar 

Benteng dan pagar dibuat untuk mempertahankan daerah atas peperangan yang terjadi atau bentuk ancaman hewan buas lainnya. Benteng juga dijadikan sebagai batas teritori wilayah dan mempertegas daerah kekuasaan. 

Benteng dibuat dan juga dapat dilihat dari pemanfaatan ekofak yakni batu atau kayu yang digunakan untuk pagar. Sedangkan gapura merupakan pintu masuk masyarakat lain yang hendak berkunjung. Salah satu benteng unik yang dibangun di Indonesia adalah benteng Keraton Buton. 

Apakah kalian mengetahui bahwa benteng Keraton Buton ini merupakan benteng terluas di dunia yang tercatat dalam Guinness World Records pada tahun 2006? Benteng Keraton Buton mempunyai luas 23.375 hektare (ha). 

c) Tempat Ibadah 

Tempat ibadah merupakan tempat kegiatan beribadah terhadap Tuhan seperti syukur, pernikahan, kematian, dan peringatan upacara hari besar keagamaan. Di Indonesia sekarang ada 6 agama yang difasilitasi oleh negara yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. 

Di samping itu, terdapat juga beragam penghayat kepercayaan di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017, terdapat 187 kelompok penghayat kepercayaan yang terdata oleh pemerintah. 

Tempat ibadah pun bermacam-macam di Indonesia mulai dari masjid, gereja, vihara, candi, pura, dan kelenteng.

d) Tempat Berlindung dan Perumahan 

Rumah atau yang dinamakan sebagai tempat berlindung merupakan wujud kebudayaan yang dimodifikasi sedemikian rupa. Pembangunan rumah tentunya berbeda-beda jika dibandingkan dengan daerah lain. 

Hal ini disebabkan oleh cuaca/iklim, kultur nilai budaya, melindungi diri dari hewan buas, dan sebagainya. Sebagai contoh rumah honai dari Papua yang dibangun berdekatan dengan rumah lain karena memuat nilai kekeluargaan. 

Sementara di rumah adat joglo Jawa dibangun pendopo sebagai area menyambut tamu untuk membangun kesan terbuka, ramah, dan hangat.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Hasil Data Arkeologi Fitur"

close